Situs tentang olahraga yang membahas teknik dasar permainan bola voli, sepak bola, tenis meja, Basket, futsal, kasti dan bola tangan

Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli

Pengertian smash dalam permainan bola voli atau spike adalah sebuah tindakan memukul bola dengan keras ke arah lapangan lawan dengan maksud bola tidak mampu dibandung atau di blok oleh pihak lawan main. Hal itu tentu tidak mudah, terlebih jika lawan bermain dengan kompak dan tangguh sehingga diperlukan teknik-teknik smash bola yang baik agar bisa bersarang dengan tepat apalagi jika menempatkan pada area kosong

Namun smash atau pukulan keras dan tajam bukan jaminan bola akan masuk tanpa diberengi dengan teknik yang memadai, terlebih jika lawan bermain lebih tangguh tentu bisa jadi bumerang karena bisa saja permainan telah diketahui lawan sehingga serangan balik bisa saja terjadi tanpa kita sadari.

Namun semua itu merupakan bagian dari teknik dasar permainan bola voli yang bisa dipelajari dengan latihan secara terus-menerus dan ketekunan tentu akan berbuah hasil yang baik. Hal terpenting dalam permainan bola voli sebenarnya bukan pada smash, menurut saya passing justru lebih penting karena menjadi tolak ukur permainan berjalan dengan baik dan kompak. Kalau semua jago smash dan terobsesi untuk terbang memberi pulan telah siapa yang akan mengoper bola ayo!

Pengertian smash (spike) dalam permainan bola voli adalah sebuah pukulan keras, kuat dan cepat agar bola bisa melesat dengan cepat dan menukik tajam kearah lapangan lawan sehingga tidak bisa dibendung. Smesh yang dilakukan dengan baik sangat menentukan kemenangan dalam permainan namun pukulan tanpa teknik memadai hanya akan membuat permainan terlihat tidak berjalan dengan baik. Untuk dapat melakukan smash yang baik diperluakan pnguasaan teknik dasar bola voli yang baik mulai dari, servis, passing, blok termasuk smes itu sendiri.

Namun sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai teknik-teknik smash bola voli yang baik, perlu diketahui untuk bisa menjadi seorang smasher ada kriteria yang harus dimiliki dan hanya bisa diperoleh melalui latihan-latihan serta pemahaman teknik dasar dalam bermain bola voli.

Nah, berikut ini taghapan-tahapan melakukan smash bola voli

1. Tahap Awalan
Pada tahapan awal ini kita perlu perhatikan terlebih dahulu datangnya bola umpan  lalu ambil jarak kira-kira 2,5 sampai 4 meter dari jatuhnya bola untuk selanjutkan melakukan loncatan. Namun sebelumnya perhatikan secara seksama posisi kaki, pastikan menapak ditanah terlebih dahulu kemudian kaki satunya menysul di sebelahnya

Kemudian atur arah sehingga posisi bola ada didepan pada saat akan melakukan loncatan, sedangkan pastikan mengarah atau menghadap jaring net. Saat akan meloncat kedua lengan menjulur ke depan kemudian di ayunkan ke belakang dan ke atas sesudah langkah pertama, setelah itu ayunkan ke depan sehingga pada saat meloncat kedua lengan itu tergantung ke bawah di depan tubuh.
Silahkan perhatikan baik-baik gambar berikut ini :
teknikor.blogspot.com
Gambar : M. Yunus, 1992 : 113 (Tahap awalan smash) 
2. Tahap meloncat
Untuk melakukan pukulan right hand, pertama adalah melangkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa, setelah di ikuti oleh kaki kanan dengan langkah panjang dan kaki segera mengikuti dan letakkan pada samping kaki kanan. Sedangkan Untuk pukulan left hand kebalikan dari right hand Pastikan saat meloncat, telah melakukannya dengan lancar dan tidak tersendat. Pada saat melakukan loncatan kedua lengan yang dalam posisi menjulur digerakkan keatas.
https://teknikor.blogspot.com/
 Gambar: M.Yunus 1992:113 (Melakukan lompatan) 
3. Tahap Memukul Bola
Saat melakukan pukulan termasuk langkah penentuan, apakah bola akan meluncur sesuai keinginan? Oleh karena itu gerakan dalam melakukan pukulan perlu disesuaikan dengan jenis smash yang akan dilakukan. Gerakan memukul bisa menghasilkan pukulan yang baik dan efektif jika menggunakan lecutan tangan.

Ketika melakukan lompatan dan posisi tubuh sedang melayang di udara dimana dalam posisi itu tangan sudah terangkat, lalu melakukan pukulan dengan lecutan tangan, lengan dan badan membungkuk akan menghasilkan pukulan lebih sempurna

https://teknikor.blogspot.com/
Gambar : M.Yunus 1992:113 (memukul bola dalam smash)

4. Tahap Mendarat
Pada saat melakukan pendaratan guna mempertahankan keseimbangan dan tidak terjerembab atau (terjatuh) maka posisi tubuh bagian atas membungkuk ke depan sedangkan kaki juga diarahkan kedepan. Kemudian mendarat dengan kedua kaki dengan posisi agak ditekuk dengan demikian keseimbangan akan tetap terjaga
https://teknikor.blogspot.com/
 Gambar : M. Yunus 1992:113 (mendarat dalam smash) 

Dalam teknik permainan bola voli Spike atau smash merupakan bagian dari teknik serangan paling banyak digunakan dan mematikan, sehingga keberhasilan dalam teknik ini akan menentukan kemenangan dengan perolehan nilai yang di kumpulkan.
3 Komentar untuk "Teknik Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli"

nice info gan,,,jangan lupa sertakan link jika mengambil sebagian artikel dari blog lain,,,karena bisa kena penalty,,
salam www.volimaniak.com

 
Copyright © 2014 Teknik Dasar Permainan Bola Voli - All Rights Reserved
Template By blogger